Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 30 Agustus 2014

Hubungan Sistem Keuangan Dengan Manajemen Keuangan



Tugas manajemen keuangan:
  1. Mendapatkan keuntungan
  2. Dapat membuat perusaan tetap berjalan, tumbuh dan berkembang (sustainable)
  3. Dapat meningkatkan nilai perusahaan dengan nilai likuidasi perusahaan dan juga harga pasar saham perusahaan current market price) 
  4. Meningkatkan kemakmuran para pemegang saham

Fungsi (tugas real) manajemen keuangan:
  1. Fungsi investasi, dalam neraca keuangan dapat dilihat dibagian posisi aktia. Dengan adanya investasi, manajemen keuangan harus mampu memberikan porsi yang tepat untuk aktiva lancar dan aktiva tetap perusahaan. Hal tersebut untuk menjamin semua aktiva yang dimiliki perusahaan menjadi produktif.
  2. Fungsi financing (fungsi pendanaan), yaitu manajemen keuangan mampu mengelola neraca dalam posisi pasiva dimana dari utang lancar dan utang jangka panjang. Yang harus dipertimbangkan dalam menentekan hal tersebut adalah  cost of capital (ROE>COC); mempertimbangkan resiko dan juga menetapkan antisipasi sebagai contoh menetapkan cash flow dan cash inflow terhadap sumber modal pendanaan.
  3. Membuat kebijakan modal kerja (working capital policy) yaitu memperhatikan aktiva lancar-aktiva tetap-utang lancar. Apabila aktiva lancar dikurangi dengan utang lancar hasilnya nol/ minus maka aktiva tetap (mesin) tidak akan bekerja atau tidak produktif.
  4. Deviden policy, kebijakan deviden untuk kesejahteraan para pemegang saham perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar