Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 30 Agustus 2014

Sistem Keungan ( part2)

            Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya sistem keuangan adalah sekumpulan institusi dalam perekonomian yang membantu mempertemukan tabungan seseorang dengan kebutuhan investasi orang lain. Institusi keuangan itu sendiri meliputi pasar keuangan/financial market (institusi-institusi keuangan yang melaluinya penabung dapat menyediakan dana bagi peminjam, ex: pasar obligasi, pasar saham) dan lembaga perantara keuangan/financial intermediaries (institusi keuangan yang melaluinya penabung dapat secara tidak langsung menyediakan dana bagi para peminjam, ex: bank, reksadana).
           Sistem keuangan merupakan salah satu hasil temuan yang sangat penting dalam masyarakat modern. Beberapa peneliti menyimpulkan bahwa negara-negara yang berhasil mengembangkan sistem keuangan yang relatif lebih maju dan berfungsi dengan baik adalah negara-negara yang kemudian menjadi pemimpin perekonomian dunia pada masanya. Pentingnya sistem keuangan dalam kehidupan masyarakat dapat dilukiskan dengan menyorotinya dari berbagai fungsi. Koordinasi dan sinergi yang solid antara Kementerian Keuangan, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan terus ditingkatkan dalam rangka menjaga stabilitas sistem keuangan. 
         Pengalaman membuktikan, untuk mengantisipasi krisis dibutuhkan koordinasi yang efektif antar sesama lembaga negara. Dibentuknya OJK merupakan cerminan dari sebuah restrukturisasi sistem keuangan Indonesia yang kini menjadi lebih dinamis, kompleks dan sangat terkait pada setiap subsektor keuangan, baik dalam hal kelembagaan maupun produk keuangan. Hal ini tetap ada koordiniasi tingkat tinggi yang harus dijalankan sehingga stabilitas sistem keuangan tetap terjaga. Dalam rangka mengantisipasi dan memitigasi krisis yang bersumber dari instabilitas ekonomi sebagaimana terjadinya krisis keuangan dan perbankan pada tahun 1997-1998, telah dibentuk Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK). Forum ini bertujuan memperkuat koordinasi dan memperkuat pertahanan dalam meredam potensi gejolak ekonomi global. Forum tersebut beranggotakan Menteri Keuangan selaku koordinator, dan sebagai anggotanya adalah Gubernur BI, Ketua Dewan Komisioner OJK, dan Ketua Dewan Komisioner LPS.

Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar